5 Bahan Alami untuk Batu Ginjal – Batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal dapat memengaruhi saluran kemih, dari ginjal hingga kandung kemih.

5 Bahan Alami untuk Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk ketika urin menjadi pekat, memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel. Menghilangkan batu ginjal bisa sangat menyakitkan, tetapi biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen jika sudah terlambat. Adakah bahan alami yang bisa membantu mengobati batu ginjal?

Tergantung pada kondisinya, Anda mungkin memerlukan obat penghilang rasa sakit dan minum banyak air untuk menghilangkan batu ginjal. Dalam kasus lain misalnya, jika batu ginjal telah bersarang di saluran kemih yang menyebabkan komplikasi, pembedahan mungkin diperlukan. Berikut ramuan alami yang bisa membantu mengatasi batu ginjal!

  1. Air Putih

Meningkatkan asupan air dapat membantu mempercepat proses pengangkatan batu ginjal. Usahakan minum air putih 12 gelas per hari. Setelah batunya hilang, Anda harus terus minum 8 hingga 12 gelas air setiap hari.

Dehidrasi adalah salah satu faktor risiko utama batu ginjal. Itu sebabnya Anda disarankan untuk minum air putih. Perhatikan juga warna urin Anda. Idealnya urin harus berwarna kuning pucat sangat muda. Urin berwarna kuning gelap adalah tanda dehidrasi.

  1. Jus Lemon

Lemon mengandung sitrat, yang merupakan bahan kimia yang mencegah pembentukan batu kalsium. Sitrat juga dapat memecah batu-batu kecil, memungkinkannya lebih mudah lewat. Butuh banyak lemon untuk menciptakan efek yang besar, tetapi sedikit lemon bisa membantu sedikit. Jus lemon juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan pasokan vitamin C.

  1. Jus Kemangi

Kemangi mengandung asam asetat, yang membantu memecah batu ginjal dan mengurangi rasa sakit serta merupakan sumber nutrisi yang baik. Jus kemangi secara tradisional telah digunakan sebagai obat untuk gangguan pencernaan dan peradangan. Sifat antioksidan dan anti inflamasi dalam jus kemangi juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Gunakan daun kemangi segar atau kering untuk membuat teh dan minum beberapa cangkir per hari. Anda juga bisa membuat jus kemangi segar atau menambahkan nya ke bahan smoothie lainnya.

Namun, Anda sebaiknya tidak menggunakan jus kemangi selama lebih dari 6 minggu. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan gula darah rendah, tekanan darah rendah, dan peningkatan perdarahan.

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat membantu melarutkan batu ginjal. Selain membersihkan ginjal, cuka sari apel dapat membantu meredakan nyeri akibat batu ginjal.

Untuk mendapatkan manfaat cuka sari apel untuk mengobati batu ginjal, tambahkan 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam 0,5-liter air dan minum sepanjang hari. Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 0,5-liter campuran ini per hari.

Jika tertelan dalam jumlah yang lebih besar, cuka sari apel dapat menyebabkan kadar kalium rendah dan osteoporosis. Penderita diabetes harus berhati-hati saat meminum campuran ini. Selain dicampur dengan air biasa, Anda juga bisa menggunakannya dalam salad.

  1. Jus Seledri

Jus seledri membersihkan racun yang berkontribusi pada pembentukan batu ginjal dan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Jus seledri juga dapat membantu membersihkan tubuh sehingga memicu ekskresi batu ginjal. Anda tidak boleh minum jus ini jika Anda memiliki gangguan pendarahan, tekanan darah rendah, dan operasi terjadwal.

Itulah bahan alami yang bisa membantu mengatasi batu ginjal. Jika Anda membutuhkan informasi yang lebih jelas tentang pengobatan batu ginjal, tanyakan kepada dokter Anda melalui aplikasi kesehatan yang banyak tersedia. Kamu juga dapat bertanya mengenai biaya medical check up, cukup mudah bukan!