Dampak Mengubah Velg Mobil – Velg merupakan salah satu bagian eksterior yang mudah terlihat oleh mata. Hal pertama yang dilakukan oleh modifikator jika ingin mengubah tampilan mobilnya adalah dengan mengganti velg mobilnya. Namun jangan sembarangan mengganti velg mobil apalagi sekaligus mengubah ukuran velg nya menjadi lebih besar.

Dampak Mengubah Velg Mobil

Apabila anda mengubah velg menjadi lebih besar otomatis perubahan tersebut akan mempengarui kenyamanan saat berkendara. Ada beberapa dampak dari mengubah velg mobil menjadi lebih besar dari ukuran nya yaitu sebagai berikut.

1. Menimbulkan Getaran Pada Mobil

Penggunaan dari velg mobil besar dipadukan dengan ban tipis dapat menimbulkan getaran pada mobil yang lebih kencang dari sebelumnya. Ban yang lebih tipis dapat menurunkan kemampuan ban dalam menyerap getaran di jalan. Getaran yang ditimbulkan dari penggunaan ban yang tipis ini akan membuat pengemudi maupun penumpang merasa tidak nyaman. Apalagi jika melewati jalur atau jalan yang tidak rata dan berlubang.

2. Beban Putar Balik atau Kemudi Akan Lebih Berat

Perubahan Velg mobil berdampak pada pengemudi yang ingin putar balik, beban saat memutar kemudi akan jauh lebih berat lagi. Karena semakin besar velg yang digunakan pada mobil, maka beban putar kemudi akan semakin berat juga.

Selain itu, penggunaan bahan bakar akan lebih boros lagi karena bobot mobil bertambah akibat perubahan velg mobil tersebut. Oleh karena itu, pastikan anda sudah menggunakan velg sesuai dengan mobil anda dan membelinya di Ashar Wheels yang merupakan toko velg mobil murah Tangerang.

3. Mengubah Ukuran dan Profil Ban

Perubahan dari ukuran velg pastinya akan berpengaruh terhadap ukuran ban, termasuk profil ban mobil anda. Apabila anda menggunakan velg yang lebih besar dari ukuran standar nya, maka ada hal yang harus dikorbankan untuk menyesuaikan ukuran velg, ban dan juga spakbor. Misalnya, dengan menggunakan ban yang lebih tipis lagi. Saran saya lebih baik tidak merubah ukuran velg melebihi dua kali ukuran velg standar.

4. Akselerasi Mobil Menurun

Selanjutnya, Perubahan pada velg mobil akan berdampak pada akselerasi mobil tersebut. Bobot kendaraan yang lebih berat membuat mesin membutuhkan tenaga ekstra untuk membuat kendaraan bergerak, sehingga akselerasi menurun.

5. Jarak Pengereman Lebih Panjang

Terakhir, nah ini merupakan hal yang penting yang harus anda ingat sebelum mengganti ukuran velg dan ban mobil anda. Ukuran velg yang lebih besar dari ukuran standar nya akan membutuhkan jarak pengereman  yang lebih panjang dari biasanya. Hal ini terjadi dikarenakan rem akan menopang seluruh bobot velg dan ban yang lebih berat dan diameter velg yang lebih besar dari ukuran yang semestinya.

Oleh karena itu, apabila anda ingin mengganti velg mobil standar anda dengan velg mobil lainnya ada baiknya ada memikirkan dampak yang akan terjadi dan cara menanganinya terlebih dahulu. Anda juga dapat mengunjungi toko velg mobil di Tangerang yaitu Ashar Wheels untuk berkonsultasi sebelum mengganti velg mobil anda.

Pemilihan ukuran velg dan ban sangat mempengaruhi kinerja mobil anda. Maka dari itu, sangat penting sekali berkonsultasi sebelum mengganti velg mobil anda. Ashar Wheels merupakan toko velg mobil di Tangerang yang menjual velg dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau.