Manfaat Lobak untuk Ibu Hamil – Manfaat lobak untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi. Sayuran yang memiliki nama latin Raphanus sativus ini banyak mengandung nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan ibu hamil, lho.

Manfaat Lobak untuk Ibu Hamil

Lobak terdiri dari beberapa jenis yang dapat dibedakan berdasarkan warnanya yaitu lobak putih, lobak merah dan lobak hitam. Terlepas dari jenisnya, lobak tetap mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, di antaranya karbohidrat, protein, air, kolin, antioksidan, dan serat.

Selain berbagai nutrisi tersebut, lobak juga mengandung mineral kalsium, magnesium, kalium, fosfor, seng, dan zat besi, serta berbagai vitamin, di antaranya folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Lobak juga rendah kalori. Oleh karena itu, mereka baik untuk menjaga berat badan dan tubuh ideal.

Daftar manfaat lobak untuk ibu hamil

Karena kandungan nutrisi nya, mengonsumsi lobak dapat membawa manfaat kesehatan yang luar biasa bagi ibu hamil, antara lain:

  1. Meringankan keluhan kram kaki

Kram kaki adalah salah satu keluhan paling umum di kalangan ibu hamil. Berkat hal tersebut, ibu hamil tentu akan merasa tidak nyaman atau bahkan sulit untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Untuk meredakan kram kaki, ibu hamil dianjurkan untuk tetap aktif berolahraga, minum air putih yang cukup, dan mematuhi asupan nutrisi tertentu, seperti kalsium, magnesium, dan kalium.

Ibu hamil bisa mendapatkan asupan ini dari berbagai jenis makanan dan minuman sehat, seperti lobak, bayam, kentang, ubi jalar, pisang, biji-bijian, kacang-kacangan, dan susu untuk ibu hamil.

  1. Kendalikan berat badan Anda

Makan makanan rendah kalori dan serat, seperti lobak, dapat membantu ibu hamil mengontrol kenaikan berat badan mereka.

Selama hamil, kenaikan berat badan yang ideal adalah 11 hingga 16 kg bagi ibu hamil yang sebelumnya memiliki berat badan normal. Sedangkan untuk ibu hamil yang kelebihan berat badan, kenaikan berat badan yang dianjurkan selama kehamilan adalah 7 hingga 12 kg.

Untuk menghindari kenaikan berat badan terlalu banyak selama kehamilan, ibu hamil harus makan makanan yang bergizi dan tidak terlalu tinggi kalori. Salah satu makanan tersebut adalah lobak.

  1. Mencegah dan mengobati sembelit

Selain bisa mengontrol kenaikan berat badan, makan lobak juga baik untuk kesehatan dan pencernaan ibu hamil, lho. Hal ini karena lobak merupakan sayuran yang banyak mengandung air dan serat. Dengan asupan yang cukup, ibu hamil dapat terhindar dari keluhan sembelit selama kehamilan.

  1. Meningkatkan daya tahan

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lobak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Kedua bahan ini sangat baik untuk meningkatkan stamina agar ibu hamil tidak mudah sakit.

Selain itu, vitamin C penting untuk meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga ibu hamil terhindar dari anemia. Vitamin ini juga baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin serta untuk memperkuat jaringan kulit.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa lobak juga membantu mengontrol gula darah. Efek ini membuat lobak bermanfaat bagi ibu hamil dengan diabetes gestasional.

Dengan kadar gula darah yang terkontrol, ibu hamil akan lebih kecil kemungkinannya melahirkan bayi besar yang dapat mengganggu proses persalinan.

Mengingat banyaknya manfaat lobak untuk ibu hamil, kini tak ada salahnya ibu hamil menambahkan lobak dalam menu hariannya, bukan? Sayur ini bisa dibuat menjadi berbagai macam makanan, mulai dari lumpia goreng, sup, tumisan, dan acar.

Meski memiliki segudang manfaat kesehatan bagi ibu hamil, ibu hamil sebaiknya mencuci dan memasak lobak hingga matang sebelum dikonsumsi. Pasalnya, sayuran yang masih kotor dan belum matang dapat mengandung parasit dan bakteri, seperti Toksoplasma, E. Coli, Salmonella dan Listeria, yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Jika Anda ragu untuk makan lobak atau masih ragu bagaimana memilih makanan yang tepat saat hamil, ibu hamil bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis dan porsi makanan apa yang cocok dengan kondisi dan kebutuhan ibu hamil. Apabila Anda mengalami gejala yang sangat berat, Anda dapat berkonsultasi menanyakan harga medical check up pada dokter kepercayaan Anda.