Pentingnya melakukan Riset Kata Kunci ­- Salah satu strategi Search Engine Optimization (SEO) yang sukses adalah penggunaan kata kunci yang tepat dalam artikel blog. Kita tidak dapat menentukan kata kunci yang tepat untuk blog kita, tetapi kita harus melalui riset untuk mengetahuinya. Mengapa riset kata kunci diperlukan dalam membuat konten di website?

Pentingnya melakukan Riset Kata Kunci

Banyak sekali alasan perlunya melakukan riset kata kunci sebelum membuat konten blog kita, dan semuanya berkaitan dengan hasil pencarian di mesin pencari. Ternyata, penggunaan kata kunci tidak hanya berlaku untuk isi artikel, tapi juga anchor text yang digunakan. Selalu ingat, dan backlink adalah salah satu faktor keberhasilan keberadaan sebuah website di mesin pencari.

Selain itu, kata kunci sendiri bermacam-macam bentuknya, sehingga pemilik website harus mengetahui jenis kata kunci apa yang ingin mereka teliti. Salah menentukan jenis keyword, bisa berakibat minimnya trafik ke blog kita. Intinya, strategi SEO tidak sebatas menulis artikel sesuai kata kunci yang telah ditentukan.

Belum lagi algoritma mesin pencari khususnya Google selalu berubah dari waktu ke waktu, sehingga artikel-artikel lama di website harus rutin dioptimalkan. Untuk mengoptimalkan nya, kembalilah menggunakan kata kunci yang tepat agar tetap mendapatkan trafik dari pengunjung.

Dalam artikel kali ini, kita tidak hanya membahas tentang pentingnya melakukan riset kata kunci untuk pengembangan website. Juga akan dibahas tips dan step by step dalam melakukan riset kata kunci dan tools kata kunci yang harus digunakan.

Sebenarnya apa sih kata kunci (keyword) itu? Singkatnya, kata kunci adalah susunan atau kombinasi kata yang diketik di mesin pencari saat mencari informasi di internet. Nah, semua kata kunci yang dicari dan dimasukkan ke dalam kolom pencarian disimpan di database mesin pencari. Tujuannya untuk menganalisis kebutuhan pengguna internet berdasarkan kata kunci yang mereka cari.

Google, Bing, atau Yahoo sebagai mesin pencari hadir tidak hanya untuk memberikan informasi di internet, tetapi juga untuk menjawab kebutuhan mereka akan informasi tersebut. Itu sebabnya mereka sering memperbarui algoritme mereka sesuai dengan basis data kata kunci yang dimasukkan, sehingga memberikan informasi relevan yang berguna bagi pengguna.

Misalnya, ketika mencari informasi tentang tips hidup sehat, kita memerlukan beberapa kata kunci, seperti: ‘cara hidup sehat di masa pandemi’ atau ‘gaya hidup sehat’. Search engine akan memberikan informasi yang relevan dengan kata kunci yang dimasukkan. Tak lupa, rangkaian kata juga terdapat pada isi artikel.

Kata kunci tersebut biasanya merupakan kata-kata umum yang muncul di benak pengguna saat membutuhkan informasi. Tentu saja, kita tidak bisa menebak apa yang mereka pikirkan, bukan? Untuk itu diperlukan riset kata kunci yang tepat agar kita dapat memberikan informasi yang relevan dan benar-benar dibutuhkan oleh penggunanya.

Riset kata kunci tidak boleh dilakukan sembarangan, namun ada indikator tertentu, seperti volume pencarian dan tingkat persaingan kata kunci tersebut. Keyword research sendiri berarti mencari tahu kombinasi atau susunan kata yang digunakan pengguna internet untuk mengetahui apa yang dibutuhkan.

Sebelum memutuskan kata kunci apa yang akan digunakan, kita harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Pelaku usaha diharuskan melakukan riset kata kunci untuk mengetahui kata kunci apa yang sedang digunakan atau diketik oleh pengguna untuk mencari solusi. Bagaimana mereka bisa menemukan bisnis kita, tanpa mengetahui kata kunci apa yang digunakan untuk mencari bisnis kita?

Tidak hanya pemilik situs web yang melakukan riset kata kunci, tetapi juga mesin pencari seperti Google. Cara kerjanya, mereka ‘membaca’ konten kita sekaligus memindai kata kunci di dalamnya. Dari situ, Google mulai ‘memperingkat’ website kita sesuai dengan kata kunci yang digunakan di dalamnya. Di sinilah pekerjaan SEO dimulai.

Lantas, apa pentingnya melakukan riset kata kunci sebelum membuat konten? Baca penjelasan berikut.

  1. Memahami Bisnis secara mendalam

Saat memilih kata kunci yang tepat untuk sebuah website, tentunya kita menginginkan kata kunci yang relevan bukan? Oleh karena itu, kita harus terlebih dahulu memahami bisnis yang kita jalankan secara mendalam. Mulai dari produk atau layanan yang kami tawarkan, kami dapat mencari banyak topik atau ide untuk kata kunci.

Dari sini kita cari tahu lagi, topik apa yang relevan dan sesuai dengan bisnis kita. Misalnya, toko pakaian tidak hanya membahas pakaian, tetapi juga bisa membahas sejarahnya, tokoh-tokoh inspirasi mode, dan lain-lain. Dengan meneliti kata kunci, kita juga mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bisnis yang sedang dijalankan.

  1. Berikan Informasi Penting

Banyak sekali informasi penting yang bisa kita dapatkan ketika melakukan riset kata kunci, seperti bagaimana peringkat website kita, kata kunci apa yang bisa meningkatkan peringkat website kita, dan sejenisnya. Termasuk tingkat persaingan dan volume pencarian kata kunci tersebut.

Tidak hanya itu, kami juga mengetahui informasi peringkat situs web pesaing dan bagaimana mereka dapat menduduki puncak hasil pencarian. Informasi ini berguna agar kami dapat membuat konten yang lebih bermanfaat dan relevan, sehingga Google dapat meningkatkan peringkat situs kami.

  1. Mengetahui Apa yang Dicari Pengguna

Riset kata kunci juga bisa menjadi sarana untuk mengetahui topik atau kata kunci apa yang sering dicari dan digunakan pengguna saat browsing. Hasilnya juga real berdasarkan data, jadi kita tidak perlu khawatir dengan asumsi topik yang dicari pengguna website. Lagi pula, lebih baik menggunakan strategi pemasaran berdasarkan data daripada asumsi, bukan?

Di Google, pengguna tidak hanya mencari informasi, tetapi juga produk atau layanan yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Dengan kata kunci yang tepat, produk atau jasa yang kita miliki dapat ditemukan di Google, sehingga dapat meningkatkan nilai konversi penjualan.

  1. Pengaruhi Peringkat di Google

Mesin pencari, khususnya Google, hanya bisa memberi peringkat pada website kita jika mengetahui seluk beluk bisnis kita. Bagaimana caranya? Tentunya dengan menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis kita.

Jadi, penelitian kata kunci ini berguna untuk membantu peringkat Google di situs web kita. Jika Google sudah memahami kata kunci yang kami gunakan, dan menilai kelayakan konten kami, mereka pasti akan meningkatkan peringkat situs kami di hasil pencarian. Tentu saja, menggunakan kata kunci yang mendefinisikan produk juga berguna untuk memasarkan produk atau layanan kita, bukan?

  1. Tingkatkan Lalu Lintas ke Situs Web

Alasan yang jelas untuk penelitian kata kunci adalah untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web kami. Riset kata kunci pada dasarnya adalah mengetahui kata kunci yang sering dicari oleh pengunjung, sehingga dapat diterapkan pada website kita.

Memang bisnis kita bisa menjawab kebutuhan manusia, namun kita membutuhkan kata kunci yang tepat dalam metode pemasaran nya. Jika kita sudah mengetahui kata kunci yang sering digunakan, kemudian menerapkan nya pada website, pasti pengunjung akan mulai berdatangan ke situs kita. Traffic juga meningkat, begitu juga nilai konversi nya, sehingga banyak orang yang menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Meskipun riset kata kunci adalah langkah pertama dalam menerapkan strategi SEO, prosesnya harus dipantau terus menerus. Setelah mempublikasikan konten, kita harus rajin memeriksa lalu lintas secara teratur dan membandingkannya dengan pesaing kita. Belum lagi algoritma Google yang bisa berubah-ubah, membuat kita harus mengoptimalkan kata kunci tersebut.

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda semua, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Kunjungi situs dari penyedia layanan Jasa SEO Jakarta untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya mengenai SEO.