Tips Menjaga Kesehatan Anak – Menjaga kesehatan tulang anak sangat penting untuk menunjang proses tumbuh kembangnya. Selain itu, memiliki tulang yang kuat memungkinkan anak leluasa melakukan aktivitas yang disukainya. Untuk memastikan tulang si kecil selalu sehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Seiring bertambahnya usia, kepadatan dan kekuatan tulang akan menurun. Selain itu, proses pembentukan tulang umumnya terhenti atau melambat pada usia 20 tahun. Sebagai orang dewasa, mengganti tulang tua dengan yang baru tidak akan secepat saat masih anak-anak. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tulang anak di usia muda sangat penting dilakukan agar anak tidak mengalami kerapuhan atau kelainan tulang di kemudian hari.

Tips Menjaga Kesehatan Anak

Tulang memegang peranan penting dalam menunjang dan menata kerangka tubuh, melindungi organ-organ penting dan mendukung pergerakan tubuh. Karena ciri ini, kesehatan tulang harus dijaga sedini mungkin. Penting juga untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang anak agar tidak kerdil. Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan tulang anak, ini Tips Menjaga Kesehatan Anak:

  1. Beri anak makanan yang kaya kalsium

Kalsium merupakan mineral yang diperlukan untuk membangun tulang yang kuat. Selain itu, untuk pertumbuhan tulang yang optimal, Si Kecil juga membutuhkan penyerapan nutrisi lain seperti protein, zinc, vitamin D, magnesium, fosfor, dan vitamin K. Untuk menjaga kesehatan anak, para ibu dianjurkan memberi mereka makanan kaya kalsium dan berbagai nutrisi penting seperti susu, keju, yogurt, kacang-kacangan, biji-bijian, telur, ikan, daging, serta buah dan sayur.

  1. Biasakan anak berolahraga secara teratur

Mengajari anak berolahraga secara rutin atau aktif berolahraga setiap hari sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, Bun. Seperti halnya otot, semakin sering tulang digunakan, semakin kuat tulang si kecil. Beberapa jenis olahraga yang aman dan baik untuk anak antara lain bersepeda, jalan kaki, berenang, lari, lompat, atau senam.

  1. Ajaklah anak-anak untuk berjemur setiap pagi

Sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D alami yang dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium. Agar si Kecil bisa memetik manfaat vitamin ini, Bunda bisa mengajaknya berjemur bersama di taman rumah sebelum jam 9 pagi. Tak perlu berlama-lama, berjemur beberapa menit atau sekitar 15 menit sehari sudah cukup kok, Bun. Untuk memastikan kulit Si Kecil terlindungi saat tanning dan tidak terpapar sinar UV yang dapat merusak kulit, kenakan tabir surya atau tabir surya dengan SPF minimal 30 pada kulit.

Baca Juga : Biaya medical check up

  1. Batasi konsumsi minuman berkafein

Kafein merupakan stimulan yang dapat meningkatkan kinerja dan aktivitas otak. Kandungan kopi yang banyak, coklat, teh dan soda bisa membuat seseorang lebih awas, kurang mengantuk dan mengatasi rasa lelah. Namun konsumsi kafein yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan tulang, Bun. Penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat menghambat penyerapan kalsium yang dibutuhkan tulang. Jika penyerapan kalsium terhambat, kekuatan dan kepadatan tulang bisa menurun. Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan tulang anak, sebaiknya hindari atau batasi pemberian minuman berkafein pada si kecil.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan tulang anak yang bisa Anda lakukan mulai hari ini. Selain menerapkan tips di atas, penting juga bagi para ibu untuk menjauhkan si kecil dari asap rokok. Asap rokok tidak hanya dapat mengganggu saluran udara, tetapi juga mengganggu pertumbuhan tulang anak.

Untuk memastikan pertumbuhan tulang dan kesehatan yang baik, Anda juga harus mengukur tinggi dan berat badan si kecil secara teratur. Jika si kecil terlihat lebih kecil dari anak lain seusianya, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk memeriksakan kondisi pertumbuhan dan kesehatan tulangnya atau anda bisa juga memberikan susu khusus untuk pertumbuhan anak di toko obat online atau apotik terdekat.